Skripsi
Studi Komparatif Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan Pasien BPJS dengan Pasien Non BPJS di RSUD Imanuddin Pangkalan Bun (Studi Kasus di Ruang Meranti RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah)
Kualitas mutu pelayanan sebagai indikator keberhasilan pelayanan perawat di rumah sakit. Pasien sebagai pengguna jasa pelayanan keperawatan menuntut pelayanan keperawatan yang sesuai haknya, dalam hal ini pasien BPJS yang dibayar langsung oleh Pemerintah dan pasien Non BPJS yang tidak tergolong dalam bantuan Pemerintah, dan dibayar dari hasil bekerja individu atau yang bersangkutan. Kepuasan pasien merupakan perasaan yang dirasakan setelah membandingkan antara harapan dengan kenyataan. Upaya pemenuhan kepuasan harus menyeluruh kepada semua pasien baik pasien BPJS maupun Non BPJS yang berobat ke rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk melihat kepuasan pasien rawat inap terhadap mutu pelayanan keperawatan pasien BPJS dengan pasien Non BPJS.
Penelitian yang digunakan yaitu deskriptif komparatif. Populasi pasien rawat inap dari peserta pasien BPJS dan Non BPJS dengan rata-rata 120 pasien dengan sampel 76 responden (38 BPJS dan 38 Non BPJS). Diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan kuesioner tentang kualitas pelayanan keperawatan. Kemudian dianalisis menggunakan program SPSS menggunakan uji Independent T Test.
Diketahui seluruh responden kelompok BPJS puas terhadap pelayanan kesehatan yaitu 38 responden (100%), dan seluruh responden kelompok Non BPJS puas terhadap pelayanan kesehatan yaitu 38 responden (100%) dari total 38 responden dan tidak ada perbedaan kepuasan antara pasien BPJS dan Non BPJS terhadap pelayanan kesehatan (p = 0,109 > 0,05 H1 ditolak).
Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi pedoman bagi institusi pendidikan, bagi perawat, dan pelayanan di rumah sakit. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan penelitian ini terkait dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan jaminan kesehatan yang diberikan oleh perawat.
Kata Kunci : Kepuasan Pasien BPJS dan Non BPJS, Mutu Pelayanan Keperawatan
Tidak tersedia versi lain