Skripsi
Hubungan Pengetahuan Mahasiswa Tentang Buku 3S (SDKI, SLKI, SIKI) dengan Kemampuan Penerapan Dokumentasi Keperawatan pada Mahasiswa STIKES BORNEO CENDEKIA MEDIKA
Latar Belakang: Dokumentasi keperawatan adalah proses pencatatan semua aktivitas yang terkait dengan pemberian layanan keperawatan, yang penting bagi kepentingan klien, perawat, dan mitra kerja. Perawat masih perlu dievaluasi dalam melakukan dokumentasi keperawatan karena masih ditemukan variasi dan kesalahan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan mahasiswa tentang buku 3S (SDKI, SLKI, SIKI) dengan kemampuan mereka dalam menerapkan dokumentasi keperawatan pada mahasiswa S1 Keperawatan di STIKES Borneo Cendekia Medika. Perawat dan calon perawat harus mampu melakukan dokumentasi asuhan keperawatan yang diberikan kepada pasien dengan mengacu pada panduan asuhan keperawatan yang dikeluarkan oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), yaitu buku Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia, Standar Luaran Keperawatan Indonesia, dan Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. Metode: Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan pendekatan cross sectional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi yang diambil adalah mahasiswa S1 Keperawatan semester 4 dan 6 sebanyak 60 dan sampel yang diambil 60 mahasiswa, dengan menggunakan teknik Simple random sampling. Hasil: Berdasarkan hasil analisis data dengan uji spearman rank didapatkan hasil yaitu p value 0,000 < 0,05, dengan persentase hasil pengetahuan mahasiswa baik 46,7 % dan cukup 46,7 %. Penerapan dokumentasi keperawatan di dapatkan hasil dari 60 responden 66,7 % penerapan dokumentasi keperawatan baik. Sehingga diputuskan H1 diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan: Ada hubungan pengetahuan mahasiswa tentang buku 3S (SDKI,SLKI,SIKI) dengan kemampuan penerapan dokumentasi keperawatan pada mahasiswa STIKES Borneo Cendekia Medika.
Tidak tersedia versi lain