Skripsi
Hubungan Respon Time Pelayanan IGD dengan Kepuasan Keluarga Pasien dengan Gangguan Kardiovaskuler di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun
Latar Belakang : Salah satu penyakit yang sering dijumpai di Intalansi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Pangkalan Bun adalah penyakit kardiovaskuler. Pasien yang datang memerlukan pertolongan segera yaitu cepat, tepat dan cermat untuk mencegah kematian dan kecacatan. Respon time dilakukan oleh petugas kesehatan diperlukan standar yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang dapat menjamin penanganan kondisi gawat darurat yang tepat sehingga pasien dan keluarga pasien yang datang dapat merasakan kepuasan pelayanan yang diberikan. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan respon time pelayanan IGD dengan kepuasan keluarga pasien dengan gangguan kardiovaskuler di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Untuk mengidentifikasi kepuasan keluarga pasien dengan gangguan kardiovaskuler serta menganalisis hubungan respon time pelayanan IGD dengan kepuasan keluarga pasien dengan gangguan kardiovaskuler di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan kepada keluarga pasien dengan gangguan kardiovaskuler di IGD RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Jumlah sampel sebanyak 32 responden yang dipilih menggunakan metode Accidental sampling. Hasil : Respon time pelayanan IGD pada pasien dengan gangguan kardiovaskuler daidapatkan hampir seluruhnya 78,1% direspon oleh perawat dengan cepat dan sebanyak 21,9% memiliki respon time lambat. Kepuasan keluarga pasien dengan gangguan kardiovaskuler hampir seluruhnya sebanyak 90,6% puas dan 9,4% tidak puas di IGD RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Berdasarkan hasil Uji Chi-Squre memiliki nilai siginifikan respon time dengan kepuasan keluarga pada pasien kardiovaskuler di Instalasi Gawat Darurat RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun didapatkan hasil Asymp sig. sebesar 0,004 yang berarti hasil p velue = 0,004 < α = 0,05 Kesimpulan : Ada hubungan respon time pelayanan IGD dengan kepuasan keluarga pasien dengan gangguan kardiovaskuler di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.
Tidak tersedia versi lain