Skripsi
Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Obat Tanpa resep di Apotek NH Farma Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat 2021
Pendahuluan : Kepuasan adalah suatu perasaan senang ataupun kecewa yang muncul pada seseorang setelah membandingkan antara kesan atau persepsi terhadap kinerja seseorang atau hasil suatu produk, maupun sebuah harapan-harapan. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek NH Farma Pangkalan Bun.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian bersifat deskriptif analitik, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 94 responden dari pasien yang datang ke Apotek NH Farma. Pengambilan data dilakukan melalui pengisian kuesioner yang telah di uji validasi.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan presentase rata-rata secara keseluruhan mendapat nilai sebesar 98,76%. Hasil penelitian tingkat kepuasan dengan metode Servqual didapatkan nilai gap secara keseluruhan sebesar -0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Madurejo dan Puskesmas Mendawai dalam kategori sangat puas.
Kesimpulan : Pada penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pelayanan kefarmasian yang ada di Apotek NH Farma masih belum bisa memenuhi harapan konsumen yang datang ke Apotek NH Farma.
Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Service Quality, Customer Satisfaction Index, Deskriptif Analitik
Tidak tersedia versi lain