Skripsi
Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2021
Pendahuluan : Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2021.
Metode : Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 83 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Sampel diambil di Puskesmas Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat. Pengambilan data dilakukan melalui pengisian kuesioner yang sebelumnya telah diuji validitas dan realibilitasnya.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gap (selisih) antara harapan pasien dan kepuasan pasien pada dimensi sarana fisik (tangible) didapatkan gap sebesar (-0,26), pada dimensi kehandalan (reability) didapatkan gap sebesar (-0,27), pada dimensi daya tanggap (responsivennes) didapatkan gap sebesar (-0,23), pada dimensi jaminan (assurance) didapatkan gap sebesar (-0,35), dan pada dimensi empati (emphaty) didapatkan gap sebesar (-0,21). Berdasarkan hasil gap harapan pasien sangat tinggi dibandingkan dengan kepuasan pasien.
Kesimpulan : Berdasarkan hasil terdapat hubungan antara tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kumai Kotawaringin Barat Tahun 2021.
Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Kefarmasian, Deskriptif,
Tidak tersedia versi lain