Skripsi
Pengaruh Kecanduan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi S1 Farmasi (Studi Kasus di STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah)
Kecanduan gadget dapat diartikan sebagai kelekatan yang kompleks dan berbahaya, yang mana individu tersebut secara terus menerus melakukannya (Young & Rodgers dalam Wijanarko, 2016). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecanduan gadget menyebabkan ketergantungan individu tersebut sehingga dapat merugikan baik itu fisik, psikis, bio dan spiritual. Tujuan utama menganalisis seberapa besar tingkat kecanduan gadget pada mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi S1 Farmasi di STIKes Borneo Cendekia Medika Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah.
Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian observasi analitif dengan menggunakan pendekatan case control. Jumlah sampel 39 orang dengan teknik sampel yaitu profosional stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kecanduan gadget dan observasi indeks prestasi kumulatif yang dibagikan kepada mahasiswa prodi S1 Farmasi.
Hasil penelitian pengaruh kecanduan gadget terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi S1 Farmasi di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. Didapat bahwa prestasi belajar cukup memuaskan sebesar 59,0% dengan tingkat kecanduan sedang sebesar 71,8% dan uji statistik dengan menggunakan uji Rank Spearman didapat nilai p value = 0,0877 > 0,05 maka H1 ditolak.
Kesimpulan tidak ada pengaruh kecanduan gadget terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi S1 Farmasi di STIKes Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah.
Kata Kunci : Tingkat Kecanduan Gadget, Prestasi Belajar Mahasiswa
Tidak tersedia versi lain