Skripsi
Studi Komparatif Kepuasan Pasien Rawat Jalan Umum dan Perusahaan di Poliklinik MCU RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun
Kualitas pelayanan kesehatan tergambar pada tingkat kepuasan pasien. Taraf hidup masyarakat mempengaruhi tuntutan masyarakat terhadap kualitas kesehatan. Pelayanan rawat jalan di RSUD Sultan Imanuddin dibagi menjadi dua sesuai dengan cara pembayarannya yaitu pasien asuransi dan umum. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui komparatif kepuasan pasien rawat jalan umum dan perusahaan di Poliklinik MCU RSUD Sultan Imanuddin.
Penelitian ini menggunakan metode non eksperiment : komparatif, yaitu untuk mengetahui perbedaan kepuasan pasien rawat jalan dengan jaminan perusahaan dan umum.
Hasil penelitian berdasar Wilcoxon Sigred Rank Test dengan nilai p = 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan pasien rawat jalan umum dan kepuasan pasien rawat jalan perusahaan. Tingkat kepuasan pasien umum adalah puas, sementara tingkat kepuasan pasien perusahaan sangat puas. Hal ini dikarenakan dari faktor pembiayaan. Tingkat kepuasan pasein rawat jalan perusahaan sangat puas dikarenakan dai segi finansial mereka tidak perlu memikirkannya lagi. Pasien bertanggung (pasien perusahaan) hanya menerima pelayanan yang diberikan kepada mereka. Sementara pasien umum merasa puas karena mereka harus membayar biaya pengobatan, sehingga tuntunan terhadap mutu pelayanan juga tinggi.
Disarankan bahwa penilaian tingkat kepuasan pasien dilakukan rutin dan berkala sebagai bahan masukan untuk mengambil kebijakan dalam peningkatan kualitas pelayanan terutama lebih difokuskan untuk dimensi reability (kehandalan).
Kata Kunci : Studi Komparasi, Kepuasan, Pasien, Rawat Jalan Umum dan Perusahaan
Tidak tersedia versi lain