Skripsi
Hubungan Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien (Studi Kasus di Puskesmas Teluk Bogam, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah
Caring adalah sentral dalam praktik keperawatan karena caring merupakan suatu cara pendekatan yang dinamis, dimana seorang perawat professional dalam bekerja harus lebih perhatian dan bertanggung jawab kepada kliennya. Pelayanan keperawatan yang baik dan kepuasan pasien bisa dijadikan salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di puskesmas, kepuasan pasien akan terpenuhi bila pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Teluk Bogam Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah desain penelitian deskriptif korelasi dengan rancangan analitik cross sectional dengan jumlah sampel 60 responden dengan tehnik Consecutive sampling. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis hubungan caring perawat dengan tingkat kepuasan menggunakan Analisis Spearman's rho dimana kedua variabel berskala ordinal.
Hasil uji menunjukkan bahwa sebagian besar perawat sudah memberikan caring yang cukup dan pasien juga sudah merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan (56,6%). Dari hasil uji didapatkan p=0,001, berarti p < 0,05 hal ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Teluk Bogam Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu adanya hubungan antara caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Teluk Bogam Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah.
Kata Kunci : Caring Perawat, Kepuasan Pasien, Puskesmas
Tidak tersedia versi lain