Skripsi
Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap VIP RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kalimantan Tengah
Rumah sakit merupakan sarana pelayanan yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mencari bantuan terhadap permasalahan kesehatan yang dihadapi. Kesembuhan dan kepuasan pasien ditentukan dari keberhasilan perawat dalam memberikan asuhan keperawatan, baik secara fisik maupun psikis. Perawat yang memiliki keterampilan berkomunikasi secara terapeutik tidak saja akan menjalin hubungan rasa saling percaya, tetapi juga dapat memberikan kepuasan profesional dan meningkatkan citra profesi keperawatan serta citra rumah sakit.
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap VIP RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Desain penelitian menggunakan metode cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang menjalani pengobatan di ruang rawat inap VIP RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. Teknik pengumpulan data dengan purposive sampling dengan jumlah sampel 32 orang. Analisis yang digunakan uji Chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan perawat sudah melakukan komunikasi yang terapeutik sebanyak 18 orang (56,25%), dan sebagian besar responden menyatakan puas sebanyak 20 orang (62,5%), Uji Chi-square menunjukkan nilai p-value 0,001
Tidak tersedia versi lain