Skripsi
Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Sungai Rangit
Pendahuluan : Pengguna jasa pelayanan kesehatan di Puskesmas menuntut pelayanan yang berkualitas. Pelayanan tidak hanya menyangkut kesembuhan dari penyakit secara fisik, akan tetapi juga menyangkut kepuasan terhadap sikap, pengetahuan dan keterampilan petugas dalam memberikan pelayanan serta tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dan dapat memberikan kenyamanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskemas Sungai Rangit.
Metode : Jenis penelitian analitik korelasi, dengan pendekatan cross-sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat jalan di Puskesmas Sungai Rangit sebanyak 469 responden yang diambil dengan cara accidental sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 83 responden.
Hasil : Hasil uji analisa menggunakan Mann Whitney, bahwa dari 83 responden yang menyatakan kualitas pelayanan baik sebanyak 49 responden (59%) diantaranya puas dengan pelayanan 42 responden (50,6%) didapatkan nilai p-value sebesar 0,021
Tidak tersedia versi lain