Skripsi
Hubungan Motivasi dengan Kualitas Pelayanan Asuhan Keperawatan di Kamar Operasi RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah
Latar Belakang : Kualitas pelayanan asuhan keperawatan merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan sehingga membuat kepercayaan pasien semakin meningkat kepada rumah sakit. Salah satu penyebab peningkatan kualitas asuhan keperawatan yaitu perlunya motivasi yang diperlukan oleh perawat yang menjalani pelayanan tersebut. Sehingga hal ini perlu ada perhatian khusus dari pihak rumah sakit untuk memperhatikan hal ini agar meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dengan kualitas pelayanan asuhan keperawatan di kamar operasi RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.
Metode : Penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif korelasi dengan cross sectional. Adapun sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 responden. Pengumpulan data dengan kuesioner, analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji korelasi rank spearman rho.
Hasil : Sebagian besar responden memiliki motivasi kuat (65%) dan hampir seluruhnya responden kualitas pelayanan asuhan keperawatan pada kategori baik (85%). Hasil dari uji korelasi rank spearman rho didapatkan hasil p value = 0,010 (p < 0,05) artinya ada hubungan motivasi dengan kualitas pelayanan asuhan keperawatan di kamar operasi.
Kesimpulan : Ada hubungan motivasi dengan kualitas pelayanan asuhan keperawatan di kamar operasi RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.
Kata Kunci : Motivasi, Perawat, Kamar Operasi, Kualitas Asuhan Keperawatan
Tidak tersedia versi lain